Minggu, 20 September 2015

Literatur Cloud Computing


Fidian Nisa
XII.4



CLOUD COMPUTING
Mungkin bagi masyarakat umum jarang mendengar cloud computing, termasuk saya yang baru mendengar cloud computing karena saya memang kurang update. Tetapi mungkin banyak juga yang sudah tau karena sekarang zaman semakin canggih dan masyarakat yang kurang lebih sudah mengenal dengan internet dan sosial media.
Menurut sumber - sumber yang saya dapat dari google devinisi cloud computing (komputasi awan) adalah merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan berbasis internet (awan) .
Teknologi komputer berbasis sistem cloud ini merupakan senuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna , serta teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalanan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
Cloud Computing juga mempunyai fungsi yaitu untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan Cloud Computing.
Selain mempunyai fungsi pastinya si Cloud Computing juga mempunyai manfaat, sebelumnya diatas sudah ada penjabaran devinisi singkat tentang Cloud Computing tentang pnggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup menggunkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga mengehemat biaya .


Manfaat Cloud Computing dalam kehidapan sehari – hari sebagai berikut :
  1. Semua data yang tersimpan di server secara terpusat
Keunggulan teknologi Cloud itu salah satu nya adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang di sediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu pengguna/brainware tidak perlu repot – repot lagi untuk menyediakan infratruktur seperti data center, media peyimpanan, dll. Karena semua semua telah tersedia secara virtual.


  1. Keamanan data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman melalui server yang sudah di sediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.


  1. Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
Teknologi Cloud menawarkan atau menjanjikan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Stave Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kia dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.


  1. Investasi jangka panjang
Penghematan biaya akan pembelian invetaris seperti infrastruktur, hardisk,dll akan berkurang dikarenakan pengunaan akan biaya konpensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang sudah di sepakati dengan penyedia pelayanan Cloud Computing. Biaya royalitas atas lisensi software juga bisa di kurangi karena semua telah di jalankan lewat kumputasi berbasis Cloud.
Manfaat dan kelebihan itu hampir sama tetapi beda kayanya si hehe, dibawah ini ada kelebihan dan kekurangannya .
Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing :
Kelebihan Cloud Computing lainnya :
  1. Menghemat biaya dan ruang pembelian sumber daya komputer
  2. Mengakses file bisa dimana saja dan kapan saja
  3. Dapat menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrstruktur
  4. Mudah untuk di monitori dari satu server
  5. Operasional dan manajemen nya mudah dan sederhana
  6. Menghemat biaya pada sistem informasi yang di bangun, dll.


Kekurangan Cloud Computing :
  1. Komputer bisa menjadi lambat atau tidak bisa digunakan sama sekali jika internet putus
  2. Kinerja komputer menjadi lambat jika koneksi internetnya juga lambat
  3. Komputer akan sangat lambat jika digunakan oleh banyak pengguna sehingga server menerima banyak permintaan
  4. Resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama – sama
  5. Dapat kehilangan kepemilikan data begitu data di simpan dalam cloud, dll.


Penerapan Cloud Computing telah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti Google lewat aplikasi Google drive, IBM lewat Blue Cord initative, Microsoft melalui sistem operasinya yang berbasis Cloud Computing, Windows Azure dsb. Di kancah nasional sendiri penerapan teknologi Cloud juga dapat dilihat melalui penggunaan Point of Sale/program kasir.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan produknya yang berbasis dengan sistem Cloud adalah DealPOS. Mtode kerja Point of Sale (POS) ini adalah dengam mendistribusikan data penjualan toko retail yang telah di input oleh kasir ke pemilik toko retail melalui internet dimanapun pemilik toko berada. Selain itu perusahaan telekomunikasi ternama nasional, Telkom juga mengembangkan sistem komputasi berbasis Cloud ini melalui Telkom Cloud dengan program Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang diarahkan untuk pelanggan UKM (Usaha Kecil Menengah).


Cara kerja sistem Cloud Computing
Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini juga memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutukan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga intruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet, kemudian jaringan - jaringan internet tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah di terima di server aplikasi kemudian data di proses dan pada proses final pengguna akan di sajikan dengan halaman yang telah diperbarui sesuai dengan intruksi yang di terima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya .
Contohnya pengguna email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di berbagai server diintgrasikan secara global tanpa harus mendownload sofware untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data di kelola langsung ole Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunkan komputer yang terhubung ke internet.


Contoh Cloud Computing
  • Dropbox
Dropbox adalah layanan cloud computer yang bekerja solid memiliki berbagai pilihan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna nya untuk digunakan pada banyak platform, menjadi solusi berbagi file mudah di akses dimana – mana. Apabila program ini sudah terinstall pada komputer windows maka dropbox akan langsung menempatkan diinya di folder document dan dapat menyingkronkannya dengan akun dropbox, menjadi lebih mudah untuk digunakan.


  • Google Drive
Salah satu program cloud computer terbaik saat ini. Setelah menginstall Google drive, maka tersedia directory pada folder File Explorer. Di dalam directory ini pengguna dapat menggunakan pilihan pada menu untuk mengakses file sharing. Integrasi ini akan membawa anda untuk berbagi langsung dengan pengguna Google lainnya yang ada pada kontak anda. Pada layanan ini anda juga dapat mengatur akses Document. Maka anda akan dapat lebih mudah untuk berbagi berbagi file.


  • One drive
Layanan Cloud Computer unggulan dari Microsoft yaitu OneDrive, telah menjadi layanan yang di gunakan bertahun – tahun oleh para pengguna setianya. Layanan yang sebelumnya bernama SkyDrive ini memiliki sebuah program yang bisa di akses langsung melalui komputer windows. Apabila anda adalah pengguna komputer windows 8.1 , maka program ini langsung ada dari komputer anda. Untuk dapat membuka program cloud computer ini melalui File Explorer, maka anda perlu mendownload terlebih dahulu Dekstop Client.


Berdasarkan jenis layanannya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut:
  • Software as a service (SaaS)
  • Platform as a Service (PaaS)
  • Infrastructure as a Service (IaaS)
Software as a service (SaaS)
Software as a Service adalah layanan komputasi awan yaitu kita langsung bisa menggunakan aplikasi yang telah di sediakan. Penyedia layanan mengelola dan menjalnkan aplikasi tersebut. Keuntungan layanan ini yaitu dimana pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasinya. Penggun hanya membutuhkan perangkat komputasi awan yang terhubung ke internet. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail , yahoo dan outlook sedangkan aplikasi sosial media nya twitter, facebook dan google+.
Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan frameork aplikasi agar dapatmenjalankan aplikasi yang sudah dibuat. Perusahaan yang bertanggung jawab dalam pemeliharan computing platform. Keuntungan bagi pengembang yaitu bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa harus memikirkan pemeliharaan dari computing platorm, contoh penyedianya seperti Amazon Web Service dan Windows Azure.
Infrastructure as a Service (IaaS)
Infrastruktur as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT seperti CPU, RAM, Storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Keuntungannya LaaS yaitu tidak perlu membeli komputer fisik sehingga menghemat biaya. Konfigurasi virtualnya dapat di sesuaikan dengan kebutuhan sehingga jika storage udah hampir penuh, storage dapat di tambah dengan segera. Salah satu perusahan yang menyediakan LaaS adalah Amzon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.


Jadi kesimpulannya
Opsi cloud computing memiliki fungsi yang hampir sama dalam hal program yang di install pada komputer windows. Anda mungkin hanya menggunakan satu layanan cloud computing saja, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui program cloud computing pada komputer windows milik anda, maka anda akan mendapatkan akses mudah dan lancar dalam membuka dan membagi file – file anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar